Mempesonanya Gunung Bromo

Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Mempesona nya Gunung Bromo

Mempesonanya Gunung Bromo

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Gunung Bromo merupakan pilihan yang banyak dikunjungi saat libur panjang seperti libur Lebaran. Anda dapat melancong bersama siapa saja dan menggunakan kendaraan apapun. Lebih baik, Anda menyewa mobil berupa jeep jika datang beramai – ramai, karena harganya lebih murah.

Akan lebih mudah naik jeep untuk menuju Pananjakan I maupun II, Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies atau biasa disebut Savana dan terahir ke kawah Bromo. Biasanya sudah disediakan penyewaan jeep. Biayanya mulai dari Rp 450.000 hinga Rp 600.000 per mobil, tergantung Anda menawar dan jumlah penumpang. Harga akan lebih mahal dari pada hari biasa jika saat hari libur besar.

Jika Anda ingin menginap, maka tinggal memilih untuk menginap di hotel ataupun home stay yang berupa rumah penduduk. Harganya pun beragam, keahlian Anda dalam tawar – menawar memengaruhi harga. Disana juga ada warung – warung makanan dan pedagang yang menjual sarung tangan, topi, syal, masker, dll di sekitar penginapan.

Leave a comment

Filed under Jawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s